Toyota Avanza 1.3 E A/T Review

Avanza dijuluki sebagai mobil sejuta umat di tanah air lantaran menjadi MPV yang paling laris. Salah satu variannya adalah Toyota Avanza 1.3 E A/T yang menjadi tipe paling rendah dari Avanza. Di tahun 2018, mobil ini mengalami facelift di beberapa bagian terutama tampilan eksterior dan interiornya. Sementara spesifikasi secara umum masih sama dengan versi sebelum facelift.

Spesifikasi Toyota Avanza 1.3 E A/T

Mesin yang digunakan oleh mobil Avanza ini adalah dual VVT-i dengan kapasitas silinder 1300 cc. Power yang mampu disemburkan adalah 97 HP dengan torsi maksimum 120 Nm. Untuk perjalanan kota, mobil menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk perjalanan sejauh 14,8 km. Sistem remnya sudah menggunakan ABS. Transmisi mobil ini adalah 4 kecepatan aja.

Interior dan Exterior Toyota Avanza 1.3 E A/T Review

  1. Eksterior

Bagian lampu utama mobil ini terdiri dari lampu utama, lampu senja dan lampu sein. Lampu utama beerupa multireflektor berjenis halogen. Sein yang digunakan juga masih menggunakan bohlam. Bentuk lampu utama mirip seperti trapesium dengan bagian lancip di ujung depannya. Sayangnya, mobil Avanza yang satu ini masih belum juga diberikan foglamp oleh Toyota.

Desain grille mobil juga tidak nampak istimewa. Ukurannya cukup besar namun sudah diberi cat berwarna hitam glossy sehingga tidak terkesan murahan. Logo Toyota tidak menyatu dengan bagian grille, malinkan ada pada bodi mobil di atas grille. Bagian bawah grille yang besar juga ada sebuah grille kecil yang memanjang horisontal dari sisi kiri ke kanan mobil.

Di bagian samping bisa terlihat ban yang ukurannya cukup kecil untuk sebuah MPV, yakni 185/70 R14. Velg yang digunaka berwarna silver yang terbuat dari bahan kaleng. Bagian atas ban terdapat emblem dual VVT-i. Bagian spion juga terlihat biasa dan tidak dilengkapi dengan lampu sein seperti mobil futurstik yang muncul di generasi saat ini.

Nampak belakang mobil ini adalah stop lamp yang terbagi dua, yakni vertikal di bodi mobil dan horisontal di pintu bagasi. Di bagian atas bagasi ada sebuah spoiler polos, sementara bagian bawah mobil terdapat dua reflektor di masing-masing sisinya. Dua stop lamp yang ada di bagian pintu bagasi dihubungkan dengan sebuah garnish krom sehingga nampak lebih mewah.

  1. Interior

Pengemudi memiliki kontrol otomatis di bagian pintunya, berupa pintu, jendela dan juga window lock sementara tidak untuk penumpang. Trim pintu terbuat dari bahan yang keras dan sebagian dibalut dengan fabric yang lembut. Di hadapan pengemudi ada kisi AC yang polos tanpa aksen apapun dan juga stir 3 palang tanpa tombol pengaturan sistem audio maupun MID.

Bagian dashboard juga tak terlalu istimewa mengingat mobil ini adalah tipe terendah Toyota Avanza. Di tengahnya ada kisi AC dua blower dan juga fitur hiburan yang hanya sebatas radio saja, tanpa ada panel layar sentuh. Pengaturan AC di bagian bawah dashboard tergolong lengkap dan memudahkan pengguna. Yang menjadi khas Toyota yakni laci serbaguna, untungnya ada pada mobil ini.

Mobil ini terdiri dari 3 baris kursi yang didesain ISOFIC. Kursi dibalut dengan bahan fabric yang lembut. Selain dilengkai dengan sabuk pengaman, masing-masing kursi juga memiliki headrest supaya perjalanan tetap aman. Ruang kaki seat kedua ideal untuk orang dewasa sementara di baris ketiga ideal untuk anak-anak. Untuk penumpang depan, ada airbag sebagai fitur keselamatan.

Sebagai sebuah MPV, kabin yang luas menjadi fitur kenyamanan bagi penumpang. Selain lampu baca, di baris kedua juga memiliki kisi AC 3 buah dengan pengaturan kecepatan.Di belakang seat ketiga adalah bagasi yang tidak begitu luas, kecuali seat ketiga dilupat. Di sisi kanan kirinya masih polos dan hanya tersedia karpet dan tanpa kargo net.

Harga Toyota Avanza 1.3 E A/T

Harga on the road dari Avanza E ini adalah Rp 202.300.000. Karena murah, maka mobil ini menjadi MPV yang laris meskipun fiturnya termasuk standar. Tetapi, setidaknya mobil ini sudah memiliki airbag untuk pengemudi dan juga fitur keamanan yang lebih baik dibandingkan versei sebelumnya.

Selain sebagai mobil di segmen MPV yang memberikan nuansa nyaman, Toyota Avanza 1.3 E A/T juga dinilai sebagai city car yang cocok digunakan untuk sehari-hari. Dapur pacunya lumayan mumpuni di kelas MPV, juga irit bahan bakar sehingga mobilitas harian pengguna bisa lebih hemat. Untuk anda yang berada di Yogyakarta, anda bisa dengan mudah mencari tempat sewa Toyota Avanza di berbagai rental mobil Jogja murah.