Sewa Crane Pemalang

Sewa Crane Brebes untuk Konstruksi Gedung Jembatan

Alat berat merupakan alat-alat yang krusial kegunaannya dalam berbagai jenis pekerjaan proyek berskala besar. Salah satu alat berat yang sering digunakan adalah crane. Crane sendiri terdiri dari berbagai jenis dimana masing-masingnya memiliki fungsi tersendiri. Tower crane adalah jenis crane yang digunakan untuk mendukung proyek konstruksi gedung dan jembatan. Jenis crane ini memiliki bentuk dan desain tersendiri yang memungkinkannya untuk beroperasi secara optimal. Kali ini, telah tersedia sewa crane Brebes untuk konstruksi gedung jembatan dengan kualitas terjaga.

Untuk Anda yang tengah akan akan mengerjakan proyek gedung jembatan dalam waktu dekat, pihak penyedia sewa crane siap membantu memenuhi kebutuhan Anda akan armada tower crane berkualitas dengan operator handal dan berpengalaman. Selain itu, harga sewa yang ditawarkan juga terjangkau sehingga cocok dengan budget Anda. Untuk lebih jelasnya mengenai seluk beluk dan spesifikasi dari tower crane ini, simak ulasan berikut.

Sewa Crane Pemalang

Apa Itu Tower Crane

Untuk orang awam, tower crane tentu merupakan hal yang asing. Pada dasarnya, tower crane adalah jenis alat berat yang digunakan untuk membantu pengerjaan dalam proyek bangunan tinggi seperti gedung ataupun jembatan. Sesuai dengan namanya, tower crane ini memiliki konstruksi bodi yang tinggi sehingga bisa bekerja dengan baik untuk membantu pembangunan gedung atau jembatan tinggi. Tower crane berfungsi selayaknya pengangkat benda secara horizontal ataupun vertikal. Dengan memanfaatkan tenaga mesin, tower crane mampu mengangkat beban berat secara vertikal sambil berputar 360 derajat.

Bagian Penyusun Tower Crane

Setiap jenis crane terdiri dari bagian-bagian utama yang berbeda. Untuk tower crane, terdapat setidaknya tiga bagian penyusun utama yakni sebagai berikut:

• Pondasi
Pondasi adalah bagian pertama tower crane yang berfungsi untuk menahan tower crane sehingga tidak jatuh. Biasanya, pondasi terbuat dari beton yang besar dan dibaut dengan bagian kaki crane.
• Tiang
Atau dikenal dengan standard section, tiang adalah bagian vertical crane yang tingginya bisa terus bertambah menyesuaikan dengan kebutuhan. Di bagian ini pula terdapat tangga sebagai akses bagi operator untuk masuk ke kabin dan mengendalikan tower crane.
• Unit yang Berputar

Bagian utama ini terdiri dari tiga bagian terpisah yakni horizontal jib sebagai pengangkat beban, machinery jib sebagai motor penggerak dan operator’s cab sebagai kabin tempat operator mengendalikan tower crane.

Bagaimana Cara Kerja Tower Crane

Untuk dapat bekerja, crane memiliki cara kerja tersendiri dengan memanfaatkan beberapa hal termasuk kemampuan berputar hingga 360 derajat, tegangan tarik kabel, momen, keseimbangan beban dan kekuatan mesin atau genset. Dengan cara kerja ini, tower crane bisa memiliki beberapa jenis kemampuan yakni mengangkat muatan, menahan muatan, membawa muatan, menggeser muatan dan membongkar muatan. Ketinggiannya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Semakin panjang lengan yang dipasang, maka semakin tinggi dan jauh jangkauannya.

Jenis Tower Crane

Tower crane memiliki empat buah jenis berbeda. Anda sebagai pelaku proyek konstruksi gedung dan jembatan selayaknya mengetahui keempat jenis tersebut beserta fungsinya masing-masing.

1. Free Standing Crane
Tower Crane ini dapat berdiri bebas di atas pondasi khusus. Terkadang, diperlukan pondasi yang menyerupai tiang pancang agar crane ini bisa mencapai ketinggian tertentu.
2. Rail Mounted Crane
Tower crane ini bergerak dengan menggunakan rel khusus yang mempermudah geraknya agar tetap seimbang meskipun tidak bisa terlalu cepat. Namun, tower crane ini memiliki kelemahan yakni memerlukan biaya pembuatan rel yang cukup mahal.
3. Climbing Tower Crane
Tower crane berikutnya merupakan crane yang sengaja diletakkan di dalam struktur bangunan yang tengah dibangun. Biasanya di dalam inti bangunan sehingga crane akan naik jika struktur bangunan baik. Untuk mengangkat crane ini, dimanfaatkan dongkrak hidrolis khusus. Biasanya, crane digunakan pada pembangunan gedung dengan lahan terbatas.
4. Tied In Crane
Tower crane jenis terakhir ini bisa berdiri dengan bebas asalkan di ketinggian maksimal 100 meter. Namun, apabila ketinggian melebihi 100 meter, maka crana harus dijangkau pada struktur gedung atau bangunan.

Dengan ketersediaan berbagai jenis tower crane di tempat penyedia sewa crane Brebes untuk konstruksi gedung jembatan, Anda bisa memilih jenis crane sesuai dengan kebutuhan.

Bila anda sedang berada di kota Semarang dan anda membutuhkan kendaraan dengan kapasitas penumpang yang banyak, sewa Elf Semarang merupakan pilihan yang tepat bagi anda.